PBMP untuk Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Multietnis

Haerullah, Ade Hi and Tamalene, M Nasir (2017) PBMP untuk Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Multietnis. BIOEDUKASI, 10 (2). pp. 29-34. ISSN 2549-0605

[img]
Preview
Text
07 Artikel Nasional.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi model pembelajaran berpola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dalam memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa. Lebih lanjut penelitian ini ditujukan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa dengan etnis yang berbeda terkait dengan strategi pembelajaran yang diterapkan. Penelitin ini tergolong quasi experiment, dilaksanakan pada tahun ajaran 2015/2016 di kelas V pada dua Madrasah Ibtidaiyah yang tergolong sekolah Madrasah multietnis di Kota Ternate. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis. Pemengujian hipotesis dilakukan dengan Anakova dalam program SPSS 16.0. Apabila nilai probabilitinya signifikan, maka dilakukan uji lanjut dengan LSD. Hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dan atau dapat dikatakan bahwa strategi pembelajaran berpola PBMP lebih berpotensi untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa dibanding strategi konvensional. Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antar etnis pada kelas yang diterapkan strategi pembelajaran PBMP, perbedaan tersebut terlihat pada hasil uji LSD yang menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis pada etnis Ternate tidak berbeda nyata dengan etnis Makian tetapi berbeda nyata dan lebih tinggi, dari etnis Tidore. Perbedaan tesebut dapat disimpulkan bahwa siswa pada masing-masing etnis memiliki gaya belajar yang berbeda-beda.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: DR ADE HI HAERULLAH
Date Deposited: 15 Nov 2021 14:21
Last Modified: 15 Nov 2021 14:21
URI: http://repository.unkhair.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item View Item