Penguatan Karakter LSCC Peserta Didik Dalam Pembelajaran Geografi Melalui Lesson Study di SMAN 10 Kota Ternate

Purwati, Endang and Adjam, Syarifuddin and Pasongli, Hernita and AHMAD, ZULKIFLI and Rasyid, Rusman (2021) Penguatan Karakter LSCC Peserta Didik Dalam Pembelajaran Geografi Melalui Lesson Study di SMAN 10 Kota Ternate. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 6 (1). pp. 61-68. ISSN 2477-8192

[img]
Preview
Text
Penguatan Karakter LSCC .pdf

Download (365kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana lesson study mampu memperbaiki kualitas pembelajaran Geografi dan menguatkan karakter learner, sharing, caring, and collaborative peserta didik di SMAN 10 kelas XII IPS 2 Kota Ternate. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif-kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, analisis catatan refleksi, dan dokumentasi. Observasi dalam penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap. Tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) kemampuan guru model dalam mendesain perencanaan pembelajaran (lesson design) sebesar 65%; 2) kemampuan guru model dalam mendesain kelas (class design) sebesar 87,50%; dan 3) kemampuan guru model dalam menerapkan pembelajaran (open class) sebesar 82,14%. Sedang hasil pengamatan karakter LSCC peserta didik selama dalam proses pembelajaran dapat dipersentasekan sebagai berikut: 1) karakter learner sebesar 70%; 2) karakter sharing sebesar 40%; 3) karakter caring sebesar 20%; dan 4) karakter collaborative sebesar 50%.

Item Type: Article
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Dr. Rusman Rasyid
Date Deposited: 17 Nov 2021 03:29
Last Modified: 26 Mar 2023 06:01
URI: http://repository.unkhair.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item View Item