ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BIOLOGI TERSERTIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA di-KOTA TERNATE

Haerullah, Ade Hi and Z.N, Arini (2018) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BIOLOGI TERSERTIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA di-KOTA TERNATE. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 5 (2). pp. 1-7. ISSN 2406 – 8659

[img] Text
12. Artikel Nasional.pdf

Download (771kB)

Abstract

Lemahnya kompetensi paedagogik guru Biologi terlihat dari hasil analisis kompetensi guru pada hasil sertifikasi tahun 2012 dan 2013 yang menunjukkan bahwa kompetensi guru Biolog di provinsi Maluku Utara masih rendah. Selanjutnya hasil analisis Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 juga menunjukkan bahwa rata komptensi pedagogik guru di kota Ternate masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru biologi yang telah tersertifikasi terhadap hasil belajar siswa di SMA se-Kota Ternate. Penelitian ini bersifat ex post facto dan menggunakan sampel populasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan statistik non parametrik Chi-square. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru biologi yang telah tersertifikasi terhadap hasil belajar siswa di Kota Ternate dengan nilai X= 54,029.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: DR ADE HI HAERULLAH
Date Deposited: 15 Nov 2021 22:42
Last Modified: 15 Nov 2021 22:42
URI: http://repository.unkhair.ac.id/id/eprint/91

Actions (login required)

View Item View Item