ANALISIS PENGGUNAAN E-MODUL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA: STUDI LITERATUR

Saprudin, Saprudin and Haerullah, Ade Hi and Hamid, Fatma (2201) ANALISIS PENGGUNAAN E-MODUL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA: STUDI LITERATUR. Jurnal Luminous, 2 (2). pp. 38-42. ISSN 2715-6990

[img] Text
08 Artikel Nasional.pdf

Download (145kB)

Abstract

Artikel ini merupakan bagian dari penelitian terkait pengembangan e-modul Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berorientasi keterampilan berpikir kreatif siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Artikel ini mendeskripsikan salah satu hasil analisis kebutuhan yakni studi literatur berupa kajian penelitian terdahulu terkait penggunaan e-modul dalam pembelajaran fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur yakni kajian artikel-artikel hasil penelitian terkait penggunaan e-modul dalam pembelajaran fisika yang dipublikasikan pada jurnal maupun prosiding. Kajian dibatasi pada jurnal dan prosiding berbahasa indonesia. Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan, disimpulkan bahwa e-modul telah banyak digunakan dalam pembelajaran fisika. Pengembangan e-modul dalam pembelajaran fisika ditujukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, meningkatkan keterampilan proses sains, literasi sains, motivasi serta hasil belajar siswa. E-modul dapat dirancang dengan menggunakan software 3D pageflip professional, adobe animate CC, sigil, kvisoft flipbook maker, exe-Learning, aplikasi berbasis android atau integrasi aplikasi CMS wordpress, Youtube dan QMS classmarker. Hasil kajian ini dapat dimanfaatkan sebagai acuan dalam melakukan pengembangan e-modul dalam pembelajaran fisika di masa yang akan datang

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: DR ADE HI HAERULLAH
Date Deposited: 15 Nov 2021 14:37
Last Modified: 15 Nov 2021 14:37
URI: http://repository.unkhair.ac.id/id/eprint/87

Actions (login required)

View Item View Item