Implementasi Model Inquiri dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Mata Pelajaran Geografi di SMAN 1 Sanana

Purwati, Endang and Leko, Dedy and Yusuf, Mukhtar and Rasyid, Rusman and Iksan, Muhammad (2022) Implementasi Model Inquiri dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Mata Pelajaran Geografi di SMAN 1 Sanana. Jurnal Geografi Pangea, 1 (1). pp. 290-297. ISSN 2355-1674

[img]
Preview
Text
Implementasi Model Inquiri dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Mata Pelajaran Geografi di SMAN 1 Sanana (2022).pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi inquiry terbimbing dalam pembelajaran online pada kelas XI IPS di SMAN 1 Sanana selama masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif diuraikan dengan kata-kata menurut responden, apa adanya sesuai dengan pertanyaan penelitiannya, kemudian dianalisis dengan kata-kata apa yang melatarbelakangi responden dalam berperilaku (berpikir, berperasaan, dan bertindak). Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Geografi kelas XI sebanyak 2 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan guru melaksanakan pembelajaran inquiry dengan menggukana 2 tahapan yaitu; 1). Tahapan perencanaan guru geografi berdiskusi untuk menentukan materi yang akan diajarkan kepada peserta didik dengan melakukan analisis silabus dan RPP yang telah disusun dalam kurikulum sebelumnya dan disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia. Tugas yang diberikan kepada peserta didik dirancang dengan memperhatikan ciri-ciri inquiry yang melatih kemampuan peserta didik untuk mengajukan pertanyaan, mencari informasi sendiri dari berbagai sumber, dan melakukan penyelidikan dalam menyelesaikan tugas tersebut. 2) Tahapan implementasi, guru menggunakan media whatssapp group dalam pembelajaran online, sedang peserta didik yang tidak memiliki fasilitas yang mendukung dalam pembelajaran tersebut, pembelajaran dilakukan secara offline dengan melakukan kunjungan di rumah peserta didik.

Item Type: Article
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Dr. Rusman Rasyid
Date Deposited: 26 Mar 2023 06:48
Last Modified: 26 Mar 2023 06:48
URI: http://repository.unkhair.ac.id/id/eprint/345

Actions (login required)

View Item View Item